Mulut Manusia


Mau beropini lah...

Salah satu yang paling gampang dilakukan seorang manusia adalah meremehkan orang lain, entah itu melalui tindakan ataupun omongan dan paling sering sih menggunakan omongan. Gampang banget mereka tuh kalo ngomong dan saking gampangnya mereka tuh sampe ga tau sebenernya omongan dia tuh penting atau engga. Apalagi orang orang yang doyannya ngegosip, gibah, mengomentar orang lain dengan seenaknya, seakan akan mereka tau betul tentang orang yang mereka gosipin dan mereka komentar dengan panjang lebar, padahal ma ya ga penting sama sekali.

Tetapi kadang ada benernya juga berkomentar untuk orang lain, tapi bukan dari jauh juga dan emang bagusnya kita ngomong didepannya. Tapi tapi tapi yang paling penting itu adalah bagaimana respon dari orang yang di komentarinya, apakah diterima atau tidak?. Saya pernah denger dari guru ngaji saya bahwa ketika kita ingin menasehati orang lain kita harus lihat dulu apakah orang tersebut mau dinasehatin atau tidak. Karena ketika orang tersebut sedang tidak ingin di nasehatin kemungkinan responnya akan menjadi masalah, bisa ajah sakit hati kemudian memberontak karna tidak terima.


Jadi kemaren sore ceritanya saya dan teman-teman saya itu jadi suporternya ikor2016 di acara Porater (Pekan Olahraga Antar Semester) Jurusan Ilmu Keolahragaan, disana tuh kita seru-seruan, treak-treak, nyanyi-nyanyi buat nyemangatin pemain tim dari ikor2016 itu sendiri. Disana juga bukan Cuma rombongan kita doang yang rame, dari angkatan 2017 juga rame orang-orangnya. Kebetulan kemaren pertandingan yang sedang berjalan itu cabang Voli, dan di voli putra ikor2016 sendri pada saat itu bertanding melawan voli putra ikor2014.

Suasana di lapangan pada saat itu keliatan sangat serius, karna mungkin mereka maen dengan sungguh-sungguh dan emang pemaennya jago jago sih jadi keliatannya asik ajah maenya. Greget demi greget tiba tiba ada kejadian yang tak terduga-duga (wakwaw),salah satu orang dari ikor2014 ngamuk ga jelas... apa karna kalah poin atau apa, yang jelas dia tiba tiba ngamuk dan meninggalkan lapangan menuju tribun penonton. Dan dengan PeDe nya rombongan kita rame-rame teriak “NDESO” ke orang yang lagi ngamuk itu... yaaa jadi nambah emosi deh, orangnya jadi nyamperin rombongan kita dan kaya ngajak berantem, tapi ga sampe panjang bgt urusannya karna ada yang jadi penengah.


Jadiii intinya adalah kita harus berhati-hati dalam bertindak entah apa tujuannya kita tetep harus hati-hati agar orang yang mendengarkannya tidak salah paham. Hati maanusia itu sangat sensitif teman-teman... bercanda juga kan ada batasnya, lagian kalo bercanda itu semua pihaknya menikmati bukan malah yang satu menikmati yang satunya tersakiti. kita semua juga pasti sudah tau bahwasannya pikiran manusia itu berbeda-beda... kalau dipikiran saya menganggap itu bercanda belum tuntu dipikiran orang lain itu bercanda.
Yang paling penting adalah Mengerti bukan sok ngerti, karna ketika anda tidak mengerti atau sokngerti maka jawabnnya juga akan salah.

Ya mboh... Saya minta maaf jika ada salah kata yang membuat pembaca sakit hati yeaaay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia Dengan Perasaan

Sebuah Cerita #1 - Apa yang kita pikirkan?

Kepalsuan Karena Kekalahan